BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Inventaris merupakan proses mengelola pengadaan atau persediaan barang yang dimiliki oleh suatu kantor atau perusahaan dalam melakukan kegiatan operasionalnya tanpa adanya inventaris suatu kegiatan usaha tidak akan terlaksana, untuk itu keberadaan iventaris sangat penting. Apabila salah satu atau beberapa perlengkapan mengalami gangguan, maka pasti akan menghambat jalannya roda perekonomian perusahaan yang biasanya berupa tidak teraturnya keorganisasian sebuah inventaris kantor atau kurangnya sebuah sistem dalam menginventaris perlengkapan kantor.
Mardhiah (2013) dalam penelitiannya mengemukakan bahwa, penanganan data inventaris kantor yang dilakukan oleh PT Takengon Belangi Money Changer masih menggunakan cara manual dan sederhana yaitu dengan mencatat semua barang-barang inventaris kantor yang ada ke dalam buku besar kemudian dicatat pada kartu persediaan dan kartu pengenal.
PT Bank Tabungan Pensiun Negara (BTPN) cabang Banda Aceh yang bergerak dibidang tabungan pensiun negara. Perusahaan tersebut melakukan pelaksanaan rekapitulasi data inventaris secara manual sehingga penanganan data inventaris tidak memudahkan karyawan untuk mengelola pengadaan atau persediaan barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan berbeda dengan menggunakan secara teknologi komputer yang lebih memudahkan karyawan untuk mengelola pengadaan atau persediaan barang, penangganan inventaris sangat penting bagi setiap perusahaan. Persamaan penelitian ini  dengan penelitian sebelumnya adalah penanganan data inventaris kantor masih menggunakan cara manual dan sederhana sedangkan perbedaannya adalah tempat penelitian. Maka penulis tetarik untuk membahas masalah tersebut dalam Tugas Akhir dengan judul “Penanganan Inventaris Kantor pada PT Bank BTPN Cabang Banda Aceh”.
1.2    Perumusan Masalah
Perumusan masalah pada penulisan ini adalah bagaimana penanganan data inventaris kantor pada PT Bank BTPN cabang Banda Aceh.
1.3    Batasan Masalah
Penelitian ini dilakukan pada PT Bank BTPN cabang Banda Aceh terhadap penanganan data barang yang tersedia serta jumlah barang yang rusak dengan indikator; sistem dan prosedur pembuatan inventaris.
1.4    Tujuan Masalah
Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan data inventaris pada PT Bank BTPN cabang Banda Aceh
1.5    Manfaat Penelitian
Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini antara lain :
1.      Bagi Peneliti
Untuk melengkapi salah satu syarat akademik dalam menyelesaikan studi pada politeknik jurusan administrasi bisnis dan mengembangkan pengetahuan dan wawasan peneliti khususnya dalam hal penanganan inventaris kantor.
2.      Bagi PT Bank BTPN cabang Banda Aceh
Sebagai bahan-bahan masukan yang positif terutama dari segi penanganan data inventaris pada PT Bank BTPN cabang Banda Aceh.
3.      Bagi Politeknik LP3I Medan
Untuk melatih mahasiswa dalam mengungkapkan pemikiran secara sistematik dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.
1.6    Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dari Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
BAB I       : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan Tugas Akhir.
BAB II     : LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tentang pengertian inventaris, data dan beberapa subjudul pada masing-masing pengertian penelitian ini.
BAB III    : METODE PENELITIAN
Bab ini berisikan tentang tempat dan waktu penelitian, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data dan metode analisis data.
BAB IV    : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang sejarah singkat, visi dan misi perusahaan dan hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti.
BAB V     : SIMPULAN DAN SARAN

Bab ini merupakan bab terakhir yang berisikan simpulan dan saran.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 27 Mei 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan
 

0 komentar:

Posting Komentar